Tulak, Harmelia and Tadius, . and Lebo, Agustina Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Role Playing berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Elementary Journal, 6 (2). pp. 94-98. ISSN 2829 - 1611
4. Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Role Playing berbantuan Media Audi.pdf
Download (652kB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian Tindakan kelas ini direncanakan terdiri dari empat komponen yaitu: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode Role Playing. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas III semester I tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 30 Siswa 13 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini dilandasi oleh kurangnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan kurang bersemangatnya siswa dalam belajar serta guru hanya menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi pelajaran, dan salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing berbantuan media audio visual. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana didalamnya terdiri dari empat kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan , observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa metode Role Playing berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 5 Tikala. Hal ini dapat dilihat peningatan keterampilan berbicara siswa pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 54 sedangkan pada siklus II Nilai rata-rata siswa 85.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username 0920058801 |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 07:29 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 07:29 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/297 |