ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDN 274 INPRES TANETE KABUPATEN TANA TORAJA

Rante Noviana, Susanna Vonny and Tulak, Harmelia and Mantung, Herlina ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDN 274 INPRES TANETE KABUPATEN TANA TORAJA. PROSIDING Seminar Nasional PGSD “Transformasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Berbasis Teknolog.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Guru pada masa pandemi.pdf.pdf] Text
Analisis Kesulitan Guru pada masa pandemi.pdf.pdf

Download (233kB)

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang di dalamnya menghubungkan berbagai topik
dalam satu mata pelajaran dan menekankan keterlibatan peserta didik dalam sistem
pembelajaran untuk dapat memberikan ulasan yang signifikan bagi peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru kelas IV dalam melaksanakan pembelajaran
tematik selama pandemi Covid-19 di SDN 274 Inpres Tanete. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru
kelas IV SDN 274 Inpres Tanete. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan
pembelajaran tematik selama pandemi Covid-19 di SDN 274 Inpres Tanete khususnya di kelas IV
tidak berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu, guru kelas IV mengalami beberapa kesulitan
atau kendala dalam pelaksanaannya di antaranya yaitu: Pengalokasian waktu dengan langkah-
langkah pembelajaran, banyak pembelajaran yang tidak tuntas, anak-anak tidak terlalu aktif
dan fokus dalam pembelajaran. Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak terlalu mengalami
kesulitan tetapi yang menjadi kendalanya yaitu guru tidak menyampaikan secara umum tentang
materi pembelajaran yang akan dipelajari hanya gambaran singkat kepada siswa dengan
mengaitkan materi yang kemarin karena keterbatasan waktu yang ada. Pada kegiatan inti, yang
menjadi kendalanya yaitu penyesuaian waktu dengan materi yang akan diajarkan, anak-anak
kurang aktif dalam pembelajaran, guru tidak dapat berdekatan secara langsung dengan siswa
untuk menjelaskan materi dan membimbing siswa. Pada kegiatan penutup, guru tidak
mengalami kendala atau kesulitan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Susanna Vonny Noviana Rante
Date Deposited: 06 Nov 2024 07:30
Last Modified: 06 Nov 2024 07:30
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item
View Item