Rante Noviana, Susanna Vonny MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 5 MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaian dengan Metode Bermain.pdf
Download (202kB)
Abstract
Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode bermain sebagai
fokus penelitian bertolak dari kenyataan dilapangan yang masih banyak siswa kelas I
yang belum lancar membaca. Nasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode bermain pada siswa
kelas I SD Negeri 5 Makale dengan tujuan unutk meningkatkan keterampilan membaca
permulaan melaui metode bermain dengan manfaat meliputi manfaat teoritis dan praktis.
Metode yang digunakan yaitu metode bermain dengan rancangan penelitian tindakan
kelas. Rancangan penelitan ini disusun dengan satuan siklus secara berdaur ulang
meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Jenis penelitian ini merupakan
penelitian tindakankelas yang berdaur ulang atau siklus yaitu meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian adalah data aktivitas hasil belajar
siswa membaca permulaan yang menunjukan bahwa adanya peningkatan yang berarti
baik pada aktifitas guru maupun siswa yang diperoleh dengan melalui observasi, tes, dan
wawancara. Peningkatan dapat dilihat pada setiap siklus. Siklus I kualifikasi kurang (K),
siklus II kualifikasi cukup (C) dan siklus III kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian
ini adalah adalah penggunaan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan
membaca permulaan. Hasil ini dapat dicapai karena adanya kerja sama antara peneliti
sebagai perancang, pelaksana, pengobservasi dan guru kelas I sebagai pengamat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Susanna Vonny Noviana Rante |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 07:28 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 07:28 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/258 |