IDENTIFIKASI KESULITAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 4 MAKALE UTARA

Rante Noviana, Susanna Vonny and sulastri, novalia and karenda, yakobus IDENTIFIKASI KESULITAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 4 MAKALE UTARA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PGSD UKI TORAJA 2023.

[thumbnail of Identifikasi Kesulitan Guru dalam penerapan kumer.pdf] Text
Identifikasi Kesulitan Guru dalam penerapan kumer.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV yang melaksanakan
kurikulum merdeka belajar, teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan
kurikulum merdeka belajar dan mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dalam
menerapkan kurikulum merdeka belajar di SDN 4 Makale Utara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan guru dalam
menerapkan kurikulum merdeka belajar di SDN 4 Makale Utara yaitu yang pertama
dalam Perencanaan pembelajaran dimana dalam pembuatan modul ajar harus
merumuskan tujuan pembelajaran untuk satu tahun kedepan, yang kedua dalam
pelaksanaan pembelajaran karna dalam pembelajaran ada perbedaan-perbedaan
dalam pencapaian pada siswa sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai, dan
yang terakhir adalah dalam evaluasi atau penilaian karna dalam pencapaian tujuan
pembelajaran harus beberapa kali mengadakan remedial dengan cara yang berbeda-
beda karna belum mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Susanna Vonny Noviana Rante
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:26
Last Modified: 10 Oct 2024 03:26
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item
View Item