MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 101 MAKALE 4 KABUPATEN TANA TORAJA MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL (FILM PROJECTOR

Rante Noviana, Susanna Vonny MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 101 MAKALE 4 KABUPATEN TANA TORAJA MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL (FILM PROJECTOR. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Film Projector.pdf.pdf] Text
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Film Projector.pdf.pdf

Download (167kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas
V SDN 101 Makale 4. Hal ini disebabkan karena guru didalam melakukan pembelajaran
banyak memberikan teori atau konsep sedangkan siswa sangat sedikit mengetahui wujud
dari teori atau konsep yang diberikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah Bagaimanakah pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) dalam
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 101 Makale 4 Kabupaten Tana
Toraja dan Apakah hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media
Audio-Visual (Film Projector) siswa Kelas V SDN 101 Makale 4 Kabupaten Tana
Toraja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan media Audio
Visual (Film Projector) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN
101 Makale 4 Kabupaten Tana Toraja dan Untuk meningkatkan hasil belajar IPA
melalui pemanfaatan media Audio-Visual (Film Projector) siswa Kelas V SDN 101
6
Makale 4 Kabupaten Tana Toraja. Sumber data dalam penelitian ini adalah personil
penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah data
kuantitatif dan data kualitatif yang terdiri dari hasil tes belajar dan hasil observasi.
Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus melalui empat
15
tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan re eksi. Dari paparan data dan
pembahasan diperoleh kesimpulan pembelajaran dengan memanfaatkan media Audio
Visual (Film Projector) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, dimana dalam
proses pembelajaran mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan memanfaatkan
media Audio-Visual (Film Projector).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Susanna Vonny Noviana Rante
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:40
Last Modified: 10 Oct 2024 02:40
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item
View Item