Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa dengan Menggunakan Strategi Giving Question – Getting Answer Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara

Rante Noviana, Susanna Vonny Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa dengan Menggunakan Strategi Giving Question – Getting Answer Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. ELEMENTARY JOURNAL.

[thumbnail of (Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa).pdf.pdf] Text
(Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa).pdf.pdf

Download (439kB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan keterampilan bertanya siswa pada
pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN
19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara melalui penerapan strategi giving question-getting answer.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya
siswa dengan menggunakan strategi giving question-getting answer pada pembelajaran
tematiktema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN 19 Sa’dan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalalah Penelitian Tindakan Kelas dan
penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas
IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 20 siswa 9
siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan focus dalam penelitian ini adalah guru yaitu melihat
bagaimana guru menerapkan atau mengajarkan suatu pembelajaran tematik tema 7 indahnya
keberagaman budaya di negeriku dan siswa yaitu melihat keterampilan bertanya siswa dalam
proses pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku. Hasil pada
penelitian menunjukkan dengan strategi pembelajaran giving question-getting answer dapat
meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran tematik tema 7 indahnya
keberagaman di negeriku, baik dari segi aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar siswa.
Hal ini dilihat dari aktivitas belajar siswa, dimana pada siklus 1 menunjukkan belum mencapai
hasil keterampilan bertanya secara maksimal atau ketuntasan bertanya siswa mencapai 45 % dan
ketidaktuntasan belajar mencapai 55 %. Pada siklus II mengalami peningkatan karena berada
dalam kategori tinggi, ketuntasan bertanya siswa sudah mencapai 85 % , sedangkan
ketidaktuntasan hanya 15 %.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui
Penerapan Strategi giving question-getting answer keterampilan bertanya siswa pada
pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman di negeriku pada Siswa kelas IV SDN 19
Sa’dan Kabupaten Toraja Utara Meningkat

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Susanna Vonny Noviana Rante
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:40
Last Modified: 10 Oct 2024 02:40
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item
View Item