Rante Noviana, Susanna Vonny Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa dengan Menggunakan Strategi Giving Question – Getting Answer Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. ELEMENTARY JOURNAL.
(Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa).pdf.pdf
Download (439kB)
Abstract
Pada penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan keterampilan bertanya siswa pada
pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN
19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara melalui penerapan strategi giving question-getting answer.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya
siswa dengan menggunakan strategi giving question-getting answer pada pembelajaran
tematiktema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN 19 Sa’dan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalalah Penelitian Tindakan Kelas dan
penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas
IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 20 siswa 9
siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan focus dalam penelitian ini adalah guru yaitu melihat
bagaimana guru menerapkan atau mengajarkan suatu pembelajaran tematik tema 7 indahnya
keberagaman budaya di negeriku dan siswa yaitu melihat keterampilan bertanya siswa dalam
proses pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku. Hasil pada
penelitian menunjukkan dengan strategi pembelajaran giving question-getting answer dapat
meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran tematik tema 7 indahnya
keberagaman di negeriku, baik dari segi aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar siswa.
Hal ini dilihat dari aktivitas belajar siswa, dimana pada siklus 1 menunjukkan belum mencapai
hasil keterampilan bertanya secara maksimal atau ketuntasan bertanya siswa mencapai 45 % dan
ketidaktuntasan belajar mencapai 55 %. Pada siklus II mengalami peningkatan karena berada
dalam kategori tinggi, ketuntasan bertanya siswa sudah mencapai 85 % , sedangkan
ketidaktuntasan hanya 15 %.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui
Penerapan Strategi giving question-getting answer keterampilan bertanya siswa pada
pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman di negeriku pada Siswa kelas IV SDN 19
Sa’dan Kabupaten Toraja Utara Meningkat
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Susanna Vonny Noviana Rante |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:40 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:40 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/239 |