Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SD Kristen 2 Makale Kabupaten Tana Toraja

Rante Noviana, Susanna Vonny Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SD Kristen 2 Makale Kabupaten Tana Toraja. Jurnal KIP.

[thumbnail of (Peningkatan Hasil belajar Perubahan Wujud benda).pdf.pdf] Text
(Peningkatan Hasil belajar Perubahan Wujud benda).pdf.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen 2 Makale
Kabupaten Tana Toraja Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui model Inkuiri. Permasalahan
pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah proses penerapan strategi Inkuiri pada siswa kelas IV
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa,dan apakah hasil belajar tentang perubahan
wujud benda pada siswa kelas IV SD Kristen 2 Kabupaten Tana Toraja dapat meningkat?
Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan
9
refleksi. Fokus penelitian yaitu proses dan hasil belajar siswa dengan
menerapkan strategi pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus
terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian dari siklus terdiri siklus I sampai
siklus II pertemuan I, diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan secara
signifikan. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar aktivitas
belajar sisa melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri tentang perubahan wujud benda di
kelas IV SD Kristen 2 Makale Kabupaten Tana Toraja

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Susanna Vonny Noviana Rante
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:40
Last Modified: 10 Oct 2024 02:40
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item
View Item