Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VI SDN 4 Makale Utara

Rante Noviana, Susanna Vonny and Tulak, Harmelia Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VI SDN 4 Makale Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah.

[thumbnail of (Pengaruh penggunaan Aplikasi Tiktok).pdf.pdf] Text
(Pengaruh penggunaan Aplikasi Tiktok).pdf.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of (Pengaruh penggunaan Aplikasi Tiktok).pdf.pdf] Text
(Pengaruh penggunaan Aplikasi Tiktok).pdf.pdf

Download (297kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan aplikasi TikTok terhadap perilaku prokrastinasi akademik
siswa kelas VI SDN 4 Makale Utara. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara langsung
pada lokasi penelitian yaitu SDN 4 Makale Utara. Populasi sebanyak 40
siswa dari dua kelas yakni kelas VIa berjumlah 20 siswa dan VIb berjumlah
20 siswa dengan jumlah sampel adalah 15 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket kemudian diuji dengan uji validitas dan
reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yakni uji
normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan regresi linear
sederhana menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap
perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VI SDN 4 Makale Utara. Hal
tersebut dapat dibuktikan pada hasil uji hipotesis dimana nilai t hitung
4.621 > t tabel 2.160 untuk jumlah responden sebanyak 15 sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Susanna Vonny Noviana Rante
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:40
Last Modified: 10 Oct 2024 02:40
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item
View Item