Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Spontaneous Group Discusion Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 232 Inpres Dulang

Rante Noviana, Susanna Vonny and Ratu Mawa, Semuel Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Spontaneous Group Discusion Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 232 Inpres Dulang. ELEMENTARY JOURNAL.

[thumbnail of (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Spontaneus Group Discusion untuk Meningkatkan Keterampilan .pdf] Text
(Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Spontaneus Group Discusion untuk Meningkatkan Keterampilan .pdf

Download (487kB)
[thumbnail of (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Spontaneus Group Discusion untuk Meningkatkan Keterampilan .pdf] Text
(Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Spontaneus Group Discusion untuk Meningkatkan Keterampilan .pdf

Download (487kB)

Abstract

Pendidikan tidak pernah terpisah dengan kehidupan manusia. Dengan pendidikan, manusia dapat
mengembangkan potensi dirinya sehingga menjadi manusia berkualitas. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam model pembelajaran kooperatif tipe
Spontaneous Group Discusion pada siswa kelas III SDN 232 Inpres Dulang. Adapun manfaat dari
penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan prestasi sekolah yang dapat dilihat dari peningkatan
keterampilan dan prestasi menulis siswa, 2) Meningkatkan mutu sekolah melalui peningkatan
hasil menulis. Model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Discusion merupakan metode
diskusi kelompok yang tidak direncanakan sebelumnya, tetapi dilaksanakan secara spontan dan
sederhana. Teknik pelaksanaannya pun sederhana, yaitu meminta siswa berkelompok dan
berdiskusi tentang sesuatu. Setelah itu, guru memanggil kelompok itu satu persatu untuk
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis karangan siswa dengan model
pembelajaran Spontaneous Group Discusion yang digunakan membuat siswa senang dan santai
dalam belajar sehingga menunjukkan bahwa ada peningkatan yang berarti. Peningkatan itu dapat
dilihat pada setiap siklus. Siklus I pada pertemuan kedua dengan kualifikasi baik degan
persentase 79,48% dan pada siklus II pertemuan kedua pada kualifikasi sangat baik dengan
persentase 87,17%. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan model
pembelajaran Spontaneous Group Discusion dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan
siswa kelas III SDN 232 Inpres Dulang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Susanna Vonny Noviana Rante
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:40
Last Modified: 10 Oct 2024 02:40
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item
View Item