Yerri, Alexsander and Simega, Berthin and Baan, Anastasia Dampak Didikan Orang Tua di Rumah Terhadap Perkembangan Psikologi dan Prestasi Belajar Anak Kelas VII E SMP Kristen Makale. Indonesian Research Journal on Education.
16 Vol+4+No+3+-+Alexsander+Yerri.pdf
Download (327kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendeskripsikan tentang dampak didikan orang tua di rumah
terhadap perkembangan psikologi dan prestasi belajar anak kelas VII E SMP Kristen Makale. Sedangkan
Manfaat penelitian ini terbagi atas manfaat secara teoretis dan praktis sebagai berikut: Manfaat
Teoretis diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada dunia pendidikan dalam
merumuskan pendidikan yang lebih baik, serta memberikan wawasan tentang pentingnya penerapan
pendekatan etnopedagogi terhadap hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran khususnya dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia. Manfaat Praktis seperti : 1) Sebagai masukan bagi orang tua siswa untuk
menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung bagi anak, dan peningkatkan hubungan orang tua
dan anak, serta cara mningkatkan kepercayaan diri anak. 2) Sebagai masukan bagi guru dalam memahami
lebih mendalam tetang siswa serta berkomunikasi dengan orang tua untuk menciptakan lingkungan
pendidikan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa, 3) Dapat dijadikan sebagai
sumbangan pemikiran terhadap sekolah untuk merancangkan program pendidikan yang lebih efektif, lebih
tepat saran dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan 4) Sebagai bahan referensi untuk menambah dan
mengembangkan wawasan pengetahuan mengenai bagaimana interaksi antara orang tua dan anak di
rumah memengaruhi psikologis dan hasil belajar anak di sekolah. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Relevan dengan jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif
dengan metode deskriptif ,maka teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.
Data dalam penelitian ini data hasil observasi dan wawancara serta dokumentasi yang telah deskripsikan
tentang dampak didikan orang tua di rumah terhadap perkembangan psikologi dan prestasi belajar anak
kelas VII E SMP Kristen Makale. Data primer didapatkan dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan
data sekunder dalam penelitian ini berupa kajian pustaka seperti mencari berbagai sumber seperti jurnal,
buku, atau e-book, serta penelitian dahulu. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII
E SMP Kristen Makale. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E yang berjumlah 28 orang
SMP Kristen Makale. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
observasi ,teknik wawancara dan teknik dokumentasi . teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, model data (data display dan penarikan kesimpulan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Berthin Simega |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 14:44 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 14:44 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/169 |