Kesantunan Komunikasi Pada Media Cetak Elektronik Sebagai Pembentuk Integritas Pembaca

Kendek, Martina Asri and Gasong, Dina and Simega, Berthin Kesantunan Komunikasi Pada Media Cetak Elektronik Sebagai Pembentuk Integritas Pembaca. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi.

[thumbnail of 14 1556-Article Text-4331-1-10-20240227.pdf] Text
14 1556-Article Text-4331-1-10-20240227.pdf

Download (332kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi kesantunan positif dan negatif berdasarkan teori kesantunan Brown dan
Levinson dan bagaimana kesantunan komunikasi pada media cetak elektronik sebagai pembentukan integritas pembaca.
Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca, teknik catat,
dan teknik dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesantunan komunikasi pada media cetak
elektronik menggunakan lima belas strategi kesantunan positif dan delapan strategi kesantunan negatif. Kelima belas strategi
kesantunan positif dan delapan kesantuan negatif yang digunakan oleh ketiga media cetak elektronik yang terdiri atas
detiknews.com, kompas.com, dan tribunnews.com, yaitu penutur dan pembaca (pendengar/pembaca) yang ditandai dengan kata,
frasa, kalusa, dan kalimat pada media cetak elektronik. Kesantunan komunikasi pada media cetak elektronik yang digunakan oleh
ketiga media cetak elektronik yang terdiri atas detiknews.com, kompas.com, dan tribunnews.com, sebagai pembentuk integritas
pembaca yaitu ditandai pada kata, frasa, kalusa, dan kalimat yaitu bersikap kritis, kreatif, unggul, dan bertanggung jawab pada
diri sendiri, lingkungan, keluarga, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Berthin Simega
Date Deposited: 02 Oct 2024 14:44
Last Modified: 02 Oct 2024 14:44
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item