Marten, Pebri and Dewi, Resnita and Simega, Berthin Keefektifan Model Pembelajaran Quatum Teaching Tipe Tandur pada Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Research Journal on Education.
9 Vol+4+No+3+-+Pebri+Marten.pdf
Download (344kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada teks cerita fantasi
pelajaran bahasa indonesia kelas VII di SMP 1 Denpina. Jumlah siswa yang diteliti pada kelas
eksperimen adalah 20 orang dan pada kelas kontrol adalah 28 orang. Dalam penelitian ini metode
yang digunakan adalah metode pra- eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Denpina. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, angket, tes, dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat di lihat dari nilai rata-rata posttest peserta didik yang
diberikan pembelajaran dengan model Quantum Teaching (kelas eksperimen) sebesar 60,36 lebih
besar daripada rata-rata posttest peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan konvensional (kelas kontrol) sebesar 59,13. Untuk itu dilakukan analisis statistik
melalui analisis One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test. Hal tersebut menunjukkan terdapat
perbedaan antara Hasil belajar siswa pada teks cerita fantasi mata pelajaran bahasa Indonesia kelas
eksperimen jika dibandingkan dengan hasil belajar bahasa Indonesia pada kelas kontrol. Dengan
demikian, penggunaan Model Quatum Taeching dalam pembelajaran bahasa Indonesia lebih
efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional dalam upaya
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Denpina
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Berthin Simega |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 14:22 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 14:22 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/163 |