Siampa, Damaris and Tanduk, Rita and Simega, Berthin Efektivitas Komunikasi Verbal dan Konseling Kelompok dalam Mencegah Tindakan Perundungan di SMPN 2 Sesean. Indonesian Research Journal on Education.
8 Jurnal Damaris+Siampa’.pdf
Download (322kB)
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang,
namun permasalahan pelecehan di sekolah sebenarnya sering terjadi dan berdampak buruk bagi korban
baik secara fisik maupun mental. Tujuan penelitian ini adalah; (1)
mendeskripsikan efektivitas Komunikasi verbal dan konseling
kelompok efektif dalam mencegah perilaku perundungan di SMPN
2 Sesean, (2) mendeskripsikan efektivitas konseling kelompok
dalam mencegah tindakan perundungan di SMPN 2 Sesean. Jenis
penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dari penelitian ini yaitu wawancara, observasi,
focus group discussion dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 8 siswa pernah mengalami pelecehan,
sedangkan 16 siswa tidak. Pandangan siswa terhadap
korespondensi verbal dan panduan berkumpul menunjukkan
dukungan positif, dengan sebagian besar siswa setuju bahwa
strategi ini berguna dalam mencegah pelecehan. Pemeriksaan ini
menyimpulkan bahwa korespondensi verbal yang menarik dan
pengarahan pertemuan rutin dapat mengurangi perilaku pelecehan
di sekolah. Strategi ini membantu siswa memahami dan menangani
masalah bersama-sama, menawarkan bantuan dekat dari rumah, dan
menjalin hubungan persahabatan di antara mereka.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Berthin Simega |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 14:22 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 14:22 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/162 |