Sukijan, Amoy and Simega, Berthin and Tanduk, Rita Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Rendah SD Negeri 004 Bulo Kabupaten Mamasa. Indonesian Research Journal on Education.
7 Vol+4+No+3+-+Amoy+Sukijan.pdf
Download (349kB)
Abstract
Membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat reseptif. Karena
dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, memperoleh ilmu dan pengetahuan serta
pengalaman-pengalaman baru. Keberhasilan belajar dalam proses belajar di sekolah sangat
ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca pada tahap permulaan. Tujuan penelitian ini
adalah; (1) mendeksripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan
siswa kelas rendah SD Negeri 004 Bulo, (2) mendeksripsikan faktor penghambat dan pendukung
bagi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah SD Negeri 004
Bulo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian sebagai
berikut: (1) Strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa yaitu
dengan menggunakan strategi buttom-up dengan menggunakan metode basal readers dan metode
distar. (2) faktor penghambat dan pendukung bagi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca
siswa adapun faktor penghambat bagi guru yaitu: siswa dan lingkungan. Sedangkan faktor
pendukungnya yaitu: tutor teman sebaya. Kesimpulan menunjukkan bahwa strategi guru di SD
Negeri 004 Bulo dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dikelas yang diterapkan guru
dengan mengajak siswa untuk membaca buku, membuat permainan disela-sela pembelajaran,
menyediakan fasilitas untuk siswa, guru membiasakan siswa melakukan literasi terlebih dahulu,
menggunakan modul ajar sebagian acuan dalam proses pembelajaran dikelas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Berthin Simega |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 14:22 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 14:22 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/161 |