Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa Di Kelas V SD Kristen II Makale Kabupaten Tana Toraja

Rante Noviana, Susanna Vonny (2019) Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa Di Kelas V SD Kristen II Makale Kabupaten Tana Toraja. Elementary Journal, 2 (1). pp. 16-26. ISSN 2622 - 0431

[thumbnail of 2019 (Penggunaan Pendekatan KPS dalam meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana).pdf] Text
2019 (Penggunaan Pendekatan KPS dalam meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana).pdf

Download (386kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi secara global telah mengalami berbagai perkembangan.
Hal ini dapat dilihat dan dirasakan dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi di lingkungan
sekitar kita. Belajar Sains bukan hanya sekedar menghafalkan konsep dan prinsip Sains,
melainkan dengan pembelajaran Sains diharapkan siswa dapat memiliki sikap dan kemampuan
yang berguna bagi dirinya dalam memahami perubahan yang terjadi di lingkungannya. Tujuan
Sains diajarkan di Sekolah Dasar adalah untuk membina dan menyiapkan peserta didik agar
nantinya peserta didik tanggap dalam menghadapi lingkungannya. Penelitian ini dilaksanakan di
kelas V SD Kristen II Makale, dengan jumlah siswa 15, yaitu 8 orang putra, dan 7 orang putri.
Penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran pokok bahasan pesawat
sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Kristen II Makale Kabupaten Tana
Toraja. Hal ini terbukti adanya perkembangan aktivitas belajar dari siklus pertama dengan
kualifikasi Baik ke siklus kedua dengan kualifikasi Sangat Baik.
Kata Kunci: Belajar Sains, pesawat sederhana

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Susanna Vonny Noviana Rante
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:40
Last Modified: 24 Sep 2024 07:40
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item
View Item