Rante Noviana, Susanna Vonny and Karuru, Perdy and Payung, Zatman and Tulak, Harmelia (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA BERBASIS POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TANA TORAJA. Seminar Nasional 2019, Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SMIPT), 2. p. 62. ISSN 2622-0520
2019 OK (Prosiding) Semnas SMIPT Sinergitas Multidisplin IPTEK).pdf
Download (1MB)
Abstract
Miskonsepsi merupakan suatu gagasan atau ide yang salah dan tidak sesuai dengan suatu pengertian yang
diterima atau yang diakui kebenarannya.Pembentukan konsep awal diperoleh dari lingkungan sekitar dan
prakonsepsi siswa. Pembelajaran IPA akan dipengaruhi oleh guru, buku teks, metode, konteks, dan siswa.
Sumber miskonsepsi dapat berawal dari penafsiran yang salah pada siswa ataupun penyampaian materi pada
guru.Faktor miskonsepsi dapat juga berawal dari siswa yang sudah memiliki konsep sendiri sebelum
mengetahui konsep sebenarnya.Konsep siswa yang sudah di tanamkan pada diri siswa biasanya berawal dari
sebuah perkataan opini yang faktanya belum di buktikan dengan landasan teori yang benar.kesalahan konsep
jika dilakukan oleh guru berarti karena guru yang kurang memahami konsep yang sebenarnya. Tetapi jika
kesalahan konsep IPA terjadi dari bahasa buku yang susah dimerngerti, maka guru harus lebih mempelajari
konsep IPA tersebut dengan menggunakan sumber-sumber lain yang terkait dari berbagai buku IPA. Untuk
memperbaiki terjadinya miskonsepsi pada siswa, guru harus memiliki jiwa profesional dan memahami
konsep IPA dengan benar, dan guru harus menyampaikan konsep IPA dengan bahasa yang mudah
dimengerti dan dipahami oleh siswa agar tidak terjadi miskonsepsi pada materi IPA. Metode mengajar guru
IPA juga harus diperhatikan dan penting dalam berlangsungnya proses belajar mengajar agar siswa mengerti
dengan metode yang di ajarkan oleh guru dalam menggunakan konsep IPA yang di sampaikan oleh guru
dimengerti oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA yang
nantinya digunakan pada guru sekolah dasar.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model
pengembangan Dick, Carey, dan Carey. Model ini disebut juga dengan model ADDIE yang merupakan
kepanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation yang akan digunakan sebagai
perangkat pembelajaran Konsep Dasar IPA di Sekolah Dasar untuk mengurangi miskonsepsi terhadap
konsep-konsep IPA yang selama ini keliru diajarkan guru. Target selanjutnya penerbitan jurnal bereputasi
nasional dan internasional.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Susanna Vonny Noviana Rante |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:40 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/132 |