Rante Noviana, Susanna Vonny (2020) Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa dengan Menggunakan Strategi Giving Question – Getting Answer Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Elementary Journal, 3 (1). pp. 23-30. ISSN 2622-0431
2020 (Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa).pdf
Download (361kB)
Abstract
Pada penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan keterampilan bertanya siswa pada
pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN
19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara melalui penerapan strategi giving question-getting answer.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya
siswa dengan menggunakan strategi giving question-getting answer pada pembelajaran
tematiktema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN 19 Sa’dan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalalah Penelitian Tindakan Kelas dan
penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas
IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 20 siswa 9
siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan focus dalam penelitian ini adalah guru yaitu melihat
bagaimana guru menerapkan atau mengajarkan suatu pembelajaran tematik tema 7 indahnya
keberagaman budaya di negeriku dan siswa yaitu melihat keterampilan bertanya siswa dalam
proses pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku. Hasil pada
penelitian menunjukkan dengan strategi pembelajaran giving question-getting answer dapat
meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran tematik tema 7 indahnya
keberagaman di negeriku, baik dari segi aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar siswa.
Hal ini dilihat dari aktivitas belajar siswa, dimana pada siklus 1 menunjukkan belum mencapai
hasil keterampilan bertanya secara maksimal atau ketuntasan bertanya siswa mencapai 45 % dan
ketidaktuntasan belajar mencapai 55 %. Pada siklus II mengalami peningkatan karena berada
dalam kategori tinggi, ketuntasan bertanya siswa sudah mencapai 85 % , sedangkan
ketidaktuntasan hanya 15 %.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui
Penerapan Strategi giving question-getting answer keterampilan bertanya siswa pada
pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman di negeriku pada Siswa kelas IV SDN 19
Sa’dan Kabupaten Toraja Utara Meningkat
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Susanna Vonny Noviana Rante |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:40 |
URI: | https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/131 |