Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara

Pundissing, Rati and Pagiu, Chrismesi (2022) Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 7 (4). pp. 3891-3904. ISSN P-ISSN: 2541-0849, E-ISSN: 2548-1398

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa dokumen yaitu laporan keuangan dan data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah rasio keuangan daerah yaitu rasio efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pelaksanaan anggaran belanja Dinas Pendidikan Toraja Utara pada tahun 2018 dan tahun 2020 dikatakan cukup efektif, dan pada tahun 2019 tingkat efektivitas pelaksanaan anggaran belanja Dinas Pendidikan Toraja Utara dikatakan efektif. Dinas Pendidikan Toraja Utara dapat dikatakan telah berhasil serta tepat sasaran dalam melaksanakan anggaran belanja yang telah ditetapkan sesuai dengan program kerja pada setiap tahun mulai dari tahun 2018-2020.
Kata Kunci: kinerja keuangan; efektivitas; anggaran belanja

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kinerja keuangan; efektivitas; anggaran belanja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Chrismesi Pagiu
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:06
Last Modified: 15 Oct 2025 06:06
URI: https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/1008

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item